Pengertian Niat Puasa Sunah Arafah Tarwiyah Sebelum Idul Adha

8 9 dzulhijjah merupakan puasa idul adha atau sebelum dimana hari H nya menyembih hewan kurban di bulan haji yaitu pada tangggal 10 perhitungan kalender hijriyyah seluruh umat islam sedunia di anjurkan untuk melaksanakannya, karena di dalamnya banyak kandungan kemanfaat khusus bagi kita sendiri jika kita mengamalkan setiap bulan tersebut.

Namun pada tanggal delapan dan sembilan dzulhijah itu merupakan hari pucaknya untuk meng'afdhalkan salah satu syarat-syarat syah ibadah haji untuk orang orang yang sedang menunaikan di tanah arab kota mekah. Untuk bagi siapa saja orang yang tidak pergi melaksanakan ibadah haji ke kota mekah, bisa dengan melaksanakan puasa arafah dan tarwiyah.

Dan bagi siapa saja yang berniat mengamalkan atau melaksanakan puasa sunnah sebelum datang idul adha di bulan dzulhijah, Maka Allah Subhanahu Wata'ala akan memberikan ganjaran yang begitu banyak sekali, salah satunya akan menghafus semua dosa selama dua tahun, setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. puasa ini hukumnya adalah sunah muakad, ibadah yang sangat dianjurkan.

Niat Puasa Sunnah Arafah Dan Tarwiyah Sebelum Idul Adha

Untuk tata cara membacakan niat, sebagaimana sama dengan niat puasa senin kamis yang lainnya, di bacakannya yaitu di dalam setelah sholat isya atau sebelum masuk imsak, sebelum subuh dan sampai sebelum datangnya waktu sholat dzuhur itu juga jika kita lupa, beda dengan puasa wajib di bulan ramadhan, waktu membacakan sampai sebelum datangnya waktu imsak. Lihat dan baca niatnya sebagai berikut.

Niat Puasa Sunnah Dari Tgl 1 Sampai 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : Aku berniat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Sunah Tarwiyah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : Aku berniat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Sunah Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : Aku berniat puasa sunnah arofah karena Allah Ta'ala

Hanya itu yang bisa kami paparkan mengenai lafadz bacaan niat idul adha di bulan dzhulhijjah dengan bahasa arab latin dan artinya. Niat puasa sunah ini setiap datang bulan harus kita hafalkan dan diamalkan. Semoga yang dapat kami ketik disini menjadikan amal baik buat kami, dan bagi siapa saja telah mengunjungi mudah mudahan di mudahkan segala urusan dunia dan akhirat.