Tata Cara Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Dan Junub

Assalamualaikum Wr. Wb. Doa mandi wajib merupakan mandi yang di haruskan kepada semua laki-laki dan wanita sudah baligh terutama buat yang terikat suami istri, mimpi basah, wanita setelah haid dan sesudah mengeluarkan bayi. Pastinya anda sekalian sudah tahu bacaan mandi tersebut. Dan tentunya anda sudah mandikan, entah apa mandi biasa, entah apa mandi yang di wajibkan.

Perbedaan mandi biasa dan mandi di haruskan (wajib), pastinya anda semua sebenarnya pengen tahu perbedaannyakan. Nah kawan dari perbedaan mandi yang dua itu ada satu yang di wajib untuk membacakan niat, yaitu mandi khusus orang yang sudah baligh, ciri-ciri baligh buat laki-laki adalah sempurnanya umur lima belas tahun atau sudah mengeluarkan air mani.

Buat ciri-ciri wanita yang sudah baligh sempurnanya umur sembilan tahun atau sudah haid (Menstruasi). itulah yang cici ciri orang yang sudah baligh ataupun sudah dewasa. Mandi kedua ialah mandi biasa yang biasa kita lakukan setiap satu hari tiga kali biasanya tidak membacakan niat cukup dengan membacakan basmallah بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ (Bismillaa Hir rah Maa Nirrahiim).

niat mandi wajib

Eh kelewat. Untuk mandi wajib pertama harus di awali dengan membacankan niat, letaknya niat yaitu di dalam hati untuk membacakannya. Nah setelah itu baru dah membasuhi dari kepala sampa ke kaki dalam artian seluruh tubuh. Awas jangan lupa niat doa mandi wajib. Sesudah kita mengetahu perbedaannya. Mari kita simak pembahasan dalam tata cara mandi wajib yang bener sesuai sunnah bagi perempuan dan laki-laki sebagai berikut.

Untuk Tata Cara Mandi Junub Atau mandi Besar:

A. Di awali dengan membacakan niat.

Niat Doa Mandi Junub

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA'AALAA.

Artinya : Saya berniat mandi junub (besar) untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala."

Doa Niat Mandi Haid / Menstruasi

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIROF'I KHADATSIL KHAIDHI LILLAAHI TA'AALAA

Artinya : Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala.

B. Telapak tangan bersihkan sebanyak tiga kali, membersihkan kotoran dan kemaluan di sekitarnya sampai bersih menggunakan tangan kiri.
C. Membasuh tangan sesudah membersihkan kemaluan bisa memakai sabun ataupun tanah.
D. Berwudhu seperti wudhunya mau sholat.
E. mengguyur kepala dengan memkai air sebanyak tiga kali sampai ke akar atau kepangkal rambut.
F. Besihkan kepala pakai air kanan dan kiri.
G. Menyilang nyilang atau menyela nyela rabut memakai jari tangan.
H. Barulah guyur bandan dengan air di mulai dari kanan sampai kiri.

Nah itulah susunan dalam tata cara mandi wajib sesuai sunah yang benar. Demikian itu yang dapat kami sampaikan mengenai niat doa mandi junub dan setelah haid (Menstruasi) dan cara praktek melakukannya. Dari kami sebagai penulis mohon maaf bila ada kekeliruan tentang pembahasan diatas. Akhir kata Wasallam.