Tata Cara Niat Doa Setelah Shalat idul fitri Dan Beserta Artinya

Assalamualaikum Wr. Wb. Idul fitri adalah shalat sunnah yang di dirikan setelah subuh, yakni pada awal bulan tanggal satu syawal kalender hijriyyah. Dan setelah kita menjalakan ibadah puasa wajib di bulan ramadhan, ibadah sunnah ini sama seperti sholat idul adha namun yang membekan hanya dari segi bacaan niatnya saja.

Untuk bacaan niat tata cara doa setelah shalat idul fitri kami telah menyediakan dibawah. Sekarang ini kami akan menguraikan tentang pengertian shalat idul fitri. Untuk pengertiannya yaitu adalah merupakan hari raya besar umat islam yang jatuh pada tanggal satu syawal ciri berakhirnya puasa bulan ramadhan.

Itulah sedikit tentang pengertiannya. Adapun untuk hukum melaksanakan mengenai shalat lebaran hukumnya yaitu merupakan termasuk sunnah muakad. Sebelum pagi kita di malam harinya sampai sebelum dan setelah sholat subuh, di sunahkan untuk memperbanyak mengumandangkan atau membacakan takbir tahmid dan tahlil.

sholat idul fitri

Nah setelah kita semalam takbir barulah melaksanakan shalat idul fitri, yang mana biasa orang-orang bilang, melaksanakan sholat di hari besar hari raya idul fitri ini sunnahnya di lapangan, jika tidak ada lapangan bisa di jalan raya dan kalau tidak ada tempat seperti yang kami sebutkan barusan melaksanakannya bisa di masjid. Dari pada panjang lebar yu kita simak di bawah.

Tata Cara Sholat Idul Fitri

1. Membacakan niat

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ اِمَامًا/مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatan li'iidil fitri rok'ataini (makmumam/imamam) lillahita'aalaa.

Artinya : Saya niat sholat sunat Idul Fitri dua raka'at menjadi imam/makmum karena Allah Ta’aala.

2. Takbiratull Ihram bisa di teruskan membacakan doa Iftitah tidak juga tidak apa-apa, membacakan takbir sebanyak 7x tiapa tiap takbir membacakan tasbih.

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Subhaanallaah wal hamdulillaahi wa laa ilaaha illallaah wallaahu akbar

Artinya : Maha Suci dan segala puji bagi allah serta tiada tuhan selain allah, allah maha besar.

3. Pada rakaat 2 membacakan takbir sebanyak 5x takbir
4. Peragaan sholatnya sama seperti sholat wajib dan sunnah.

Doa Sesudah Sholat Subuh

اَللّهُمَّ اِنّي تَوَجَّهْتُ اِلَيْكَ بِمُحَمَّد اَمَامِي

Allohumma innii tawajjahtu ilaika biMuhammadin amaamii

Artinya : Ya Alloh aku menghadap'Mu dengan Muhammad di depanku

اَللّهُمَّ اَهْلَ الْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ، وَاَهْلَ الْجُودِ وَالْجَبَرُوتِ، وَاَهْلَ الْعَفْوِ وَالرَّحْمَةِ، وَاَهْلَ التَّقْوَى وَالْمَغْفِرَةِ، اَسْاَلُكَ بِحَقِّ هَذَا الْيَومِ الَّذِي جَعَلْتَهُ لِلْمُسْلِمينَ عِيْدًا، وَلِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ ذُخْرًا وَشَرَفًا وَمَزِيْدًا، اَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ، وَاَنْ تُدْخِلَنِي فِي كُلِّ خَيْرٍ اَدْخَلْتَ فِيهِ مُحَمَّداً وَآلَ مُحَمَّدٍ، وَاَنْ تُخْرِجَنِي مِنْ كُلِّ سُوءٍ اَخْرَجْتَ مِنْهُ مُحَمَّدًا وَآلَ مُحَمَّدٍ صَلَوَاتُكَ عَلَيْهِ وَعَلَيْهِمْ، اَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْاَلُكَ خَيْرَ مَا سَأَلَكَ مِنْهُ عِبَادُكَ الصَّالِحُونَ، وَاَعُوذُ بِكَ مِمَّا اسْتَعَاذَ مِنْهُ عِبَادُكَ الْصَّالِحُونَ

Allohumma Ahlal kibriyai wal'azhamah.
Wa Ahlal jad wal'jabarut.
Wa Ahlal 'afwi war-rahmah.
Wa Ahlat taqwa wal maghfirah.
Asa'aluka bihaqqi hâdzal yawmi.
Alladzi ja'altahu lilmuslimiina i'dan.
Wa li'Muhammadin shallallâhu.
Alayhi wa alihi dzukhran wa mazidan.
An tushalliya 'ala Muhammadin wa âli Muhammad.
Wa'an tudkhilani fî kulli khayrin adkhalta fihi Muhammadan wa ala Muhammad.
Wa'an tukhrijanî min kulli suin akhrajta minhu Muhammadan wa ala Muhammad shalawâtuka 'alayhi wa 'alayhim.
Allahumma inni as'aluka khayra ma sa'alaka ibâdukash shâlihûn, wa a'udzu bika mimmâ ista'adza minhu 'ibâdukash shalihûna.

Artinya : Ya Alloh, wahai Pemilik kebesaran dan keagungan, wahai Pemilik kedermawanan dan jabarut, wahai Pemilik pengampunan dan kasih sayang, wahai Pemilik takwa dan maghfirah. Aku memohon kepada'Mu dengan hak hari ini, yang Kau jadikan hari besar bagi kaum muslimin, dan dengan keagungan dan kemuliaan Muhammad dan keluarganya, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan Keluarga Muhammad, masukkan aku pada setiap kebaikan yang Kau masukkan ke dalamnya Muhammad dan keluarganya, keluarkan aku dari setiap keburukan yang Kau keluarkan darimya Muhammad dan keluarganya. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu yang terbaik dari apa yang dimohon oleh hamba-hamba-Mu yang shaleh. Aku memohon perlindungan kepada'Mu dari segala apa yang perlindungannya dimohon oleh hamba-hamba-Mu yang shaleh.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai bacaan doa, niat beserta tata cara, pegertian dan hukum sholat idul fitri. Mohon maaf dari kami bila ada uraian yang tidak menuju dengan pokok di atas dan tidak di mengerti oleh para pembaca semuanya, maklum kami masih tahap dalam pembelajaran. Akhir kata wassalam.