Niat Puasa Nisfu Sya'ban 2019 Berapa Hari Jatuh Pada Tanggal

Menunaikan puasa sunnah pada bulan sya'ban itu adala merupakan contoh pengamal yang biasa Rasul SAW laksanakan, sebab pada bulan inilah kesempatan waktu buat kita untuk memperbaiki memperbanyak amalan memperluas jiwa menyejukan hati agar diri kita terjauh dari maksiat, yaitu mengkokohkan dengan membuat benteng didalam hati caranya yaitu selalu beribadah dan memperbanyak pahala supaya diri menjadi tenang dan terus dekat kepada Allah SWT.

Pada Bulan ini baginda NAbi Muhammad SAW biasa mengamalkan, setelah bulan jumadil akhir juga biasa memperbanyak doa bulan rajab, syaban dan menjelang ramdhan. Sebab pada bulan kedelapan inilah seluruh amalan-amalan manusia yang masih hidup dunia, baik maupun buruk selama satu tahun lamanya oleh malaikat pencatat amal dibawa kelangit untuk dihadapkan kepada Allah SWT. Di bawanya ke langitnya yaitu malam hari pada tanggal lima belas pertengahan bulan sya'ban.

Puasa tersebut sebagian banyak orang tidak mengetahui tentang amalan ini, Namun hanya puasa sunah pada bulan-bulan dan hari-hari tertu yang terdengar/bermasyarakat di telinga semua orang semisal puasa asyura, rajab/rabul awal, arafah/dzulhijjah dan senin kamis. Tapi sebaliknya yang tahu oleh umat beragama muslim puasa sunah barusan diatas telah kami sebut, pedahal bulan ini Rasul SAW terus melakukan setiap datangnya bln sya'ban.

niat puasa nisfu sya'ban

Perlu ada tahu jika datang atau tiba bulan sya'ban kita sebagai orang dewasa harus bisa mendidik memberi tahu kepada anak-anak supaya dia lebih tahu agara bisa mempelajari cara mengamalkan amalan yang ada di dalam bulan tersebut. Dalam tata cara pelaksanaan sama dengan puasa wajib dan sunah yang biasa kita jalani namun yang membedakan hanya dari bacaan niatnya. Sungguh sangat banyak ibadah yang harus dapat kita jalani setiap hari.

Mari kita simak bacaan niat puasa. Pengertian arti nisfu sya'ban adalah pertengahan bulan, Di dalam sejarah agama islam sebagian ada yang berpendapat diwaktu itu telah terjadi pemindahan arah kiblat dari masjidil aqsa/baitul makdis ke arah mekah masjil haram. Allah SWT berfirman.

سَيَقُولُ السُّفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ مَا وَلَّاهُمْ عَنْ قِبْلَتِهِمُ الَّتِي كَانُوا عَلَيْهَا ۚ قُلْ لِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ ۚ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Artinya : Orang2 yang kurang akalnya diantara manusia akan berkata : Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya? Katakanlah : Kepunyaan Alloh lah timur dan barat: Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus.

niat puasa sunnah sya'ban

Mungkin itu saja sedikit penjelasan yang dapat kami bawakan diatas mengenai apa yang dimaksud dengan pahala dan tata cara bacaan lafaz niat puasa sya'ban tahun 2019, juga sebagian orang banyak bertanya mengenai puasa tersebut, berapa hari dan jatuh pada tanggal berikut dengan tulisan arab, latin dan artinya sesuai sennah. Akhir kata ucapan dari kami terimakasih kepada yang sudah mengunjungi untuk meluangkan waktu melihat pembahasan diatas. Semoga selanjutnya bisa terus berkaya dengan baik lagi.