Do'a Tata Cara Niat Sholat Jenazah Dan Bacaannya

Asslamualaikum Warah Matullahi Wabarokatuh. Warga dunia maya dimanapun berada. Kabar kali ini akan memberikan sebuah pencerahan buat anda-anda yang mau mendalami ingat akan kematian, untuk itu mari memper'erat tali silaturahim kepada semua orang supaya hidup berkah, istiqomah dalam beribadah, banyak rezeki dan di beri umur panjang oleh Allah SWT. Nah agar hidup tidak sia sia, mari kita memperbanyak doa sholat dhuha setelah sholat sunnah disinag hari dan sunah sunah yang lainnya.

Warga dunia maya kami banggakan. Jika warga disekitarmu ada yang telah wafat kita haruskan menshalatkan, karena kalau tidak ada maka akan mendapatkan dosa semua orang orang yang ada di stu dikampung itu, bila ada satu orang menjalankan maka tidak akan mendapatkan dosa seluruh kampung, pembahasan ini akan kami bahas sekarang ini yaitu mengenai sholat jenazah berikut dengan tata cara dan bacaanya. Jadi bila ada orang meninggal dunia kita harus terlebih dahulu untuk mensholatkan si mayit, hukum melaksanakan sholat tersebut adalah hukumnya fardhu kipayyah.

Syarat sah pelaksanaan praktek dalam tata cara niat dan bacaan doanya sudah kami sediakan dibawah sebagaimana dengan rukun rukunnya yang telah biasa umat muslim jalani, sholat mayit ini tidak sama dengan sholat wajib dan sunnah numun sama bacaan niat didalam hati yang membedakan dari lafadz bacaannya, melakukan yaitu secara dalam berdiri dengan empat kali mengangkat tangan membacakan takbir sebagaimana shalat biasa, disela sela setelah takbir membacakan doa doa, terakhir dua kali salam ke kanan dan kiri tidak ada ruku, sujud, itidal, tahiyat serta akhir.

niat doa sholat jenazah

Selanjutnya dalam bacaan doa terdapat perbedaan lafadz dan kalimah, Untuk perempuan/wanita dewasa memakai domir HA, jika laki-laki/pria memakai domir HU dan terakhir bila banyak memakai dhomir HUM. Bacaan doa ini terdapat pada takbir ke 3 saat jenazah di sholatkan. Berikut kami buat dan tata cara niat dan bacaan doa sholat jenazah kami lampirkan dengan singkat bahasa arab, tulisan latin lengkap dan beserta artinya.

Dalil tentang shoat ini, Dari Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda

مَنْ شَهِدَ الْجَنَازَةَ حَتَّى يُصَلِّىَ عَلَيْهَا فَلَهُ قِيرَاطٌ ، وَمَنْ شَهِدَ حَتَّى تُدْفَنَ كَانَ لَهُ قِيرَاطَان. قِيلَ وَمَا

Artinya : Barangsiapa yg menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barangsiapa yang melihat jenazah sampai dimakamkan, maka baginya dua qiroth." Ada yang bertanya, "Apa yang dimaksud dua qiroth?" Rasulu SAW menjawab: Dua qiroth itu semisal 2 gunung yg besar."HR. Bukhari dan Muslim"

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا,سَمِعْتُ اَلنَّبِيَّ–صلى الله عليه وسلم – يَقُولُ: – مَا مِنْ رَجُلٍ مُسْلِمٍ يَمُوتُ, فَيَقُومُ عَلَى جَنَازَتِهِ أَرْبَعُونَ رَجُلًا, لَا يُشْرِكُونَ بِاللَّهِ شَيْئًا, إِلَّا شَفَّعَهُمُ اللَّهُ فِيهِ – رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Ibnu Abbas R.U berkata : Saya mendengar Rasul SAW bersabda : Tidaklah seorang lelaki muslim meninggal, kemudian dishalatkan jenazahnya oleh 40 pria yang tidak mensekutukan Alloh dengan suatu apapun kecuali Alloh akan memberikan syafa'at mereka kepadanya "H.R Muslim"

Hadist diatas memberikan wadah untuk kita dalam penting silaturahmi sama orang-orang berilmu yang menuntunkan kita senantiasa mengagungkan Allah SWT, tidak menyamakan dengan apapun. Dari awal sudah disebutkan bila mensholatkan lebih dari empat puluh orang maka akan mendapatkan syaf'at sholat dari seseorang yang tidak mensukutukan. mari kita simak dibawah sebagai berikut.

1. Membacakan Niat

doa niat shalat jenazah

2. Setelah Membacakan Niat Nansung Angkat Kedua Tang Mulut Baca Takbiratul Ihram.

اَللهُ اَكْبَرُ

3. Takbir Pertama Membacakan Surat Al Fatihah.

4. Takbir Kedua Membaca Sholawat Kepada Nabi Muhammad SAW.

للَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد َكامَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

5. Takbir Ketiga Selanjutnya Mendoakan Kepada Jenazah.

Jenazah Laki Laki
للَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْه.

Jenazah Perempuan
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا.

6. Takbir Keempat Sama Membacakan Do'a Untuk Mayit.

Doa Khusus Mayit Wanita
اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهَا ولاتَفْتِنّا بَعدَهَا.

Doa Khusus Mayit Pria
للهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهُ ولاتَفْتِنّا بَعدَه.

7. Terakhir Membacakan Salam Kekanan Dan Kekiri
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai bacaan doa dan tata cara niat sholat jenazah perempuan, laki laki, anak anak kecil beserta bayi baru lahir. Nambah sedikit, mendoakan orang sudah wafat, dan wajib mengurusi ikut mensholati sampai mengantarkan ke pemakaman. Semoga postingan ini bermanfaat untuk anda dan bagi saya sendiri.