Pengertian Keutamaan Dan Bacaan Niat Sebelum Sholat Jumat

Asalamu'alaikum. Alhamdulillah bisa bertemu lagi dengan hari jum'at/sayidul ayyam (Bapanya Hari), semoga dihari ini semua amal-amalan yang akan dibaca entar menjadi jembatan atau bekal nanti kelak diyaumil akhir. Sholat jumat adalah merupakan sholat untuk semua kaum laki-laki bukan untuk wanita, dimana ibadah ini sebagai pengganti dzuhur yang mana biasa kita lakukan setiap hari. Untuk cara pengerjaan sama hal dengan rukun-rukun sholat wajib namun yang membedakan hanya dari segi rakaat dan bacaan niat saja setelah khutbah, melakasanakannya setiap satu minggu sekali dalam sehari secara berjamaah dimasjid jami (Dkm), masjid agung yang sudah ditetapkan oleh semua pegurus petinggi kampung.

Untuk mendirikannya sudah kami sebut barusan diatas, syarat ketetapan mendirikan harus ada empat puluh orang, hukumnya wajib untuk kaum adam yang sudah dewasa, ini adalah dasar hukum diambil dari beberapa dalil hadist mengenai shalat jumat dan juga dalam Al Qur'an surat Al'jumat ayat sembilan menerangkan berbunyi yang artinya. "Hai... Org-orang beriman. Apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah km kpd mengingat Alloh dan tinggalkanlah jual beli. Yg demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui". Ayat diatas menerangkan bahwa sesunggung seluruh umat beragama islam diwajibkan walau sedang melakukan aktivitas apapun kecuali sedang sakit parah dan wanita tetap sholat dzuhur.

Dari Thariq bin Syihab meriwayatkan bahwa Rasul SAW menyuruh untuk mendirikan shalat jum'at. "Melakukan sholat jumat diwajibkan pada setipa muslim secara berjama'ah, orang sakit, budak sahaya, anak kecil dan wanita". Nah buat siap saja kecuali yang sudah disebut barusan, diwajibkan buat kita, karena kalau ditinggalkan maka akan mendapat dosa besar siap siaplah menanggung akibatnya. Kita harus tahu diri, bahwa Allah SWT menciptakan manusia semata mata harus beribadah kepadanya, selain itu semua hal apapun yang mengandung wajib cepat laksanakan jangan lalai, dan ikutanlah sunah sunah pernah nabi lakukan semasa hidup. Itulah sedikit penerangan pengertian dan hukum mengenai sholat tersebut.

doa niat sholat jumat

Nah kawan kalau sudah tiba waktunya mari bersama sama kemasjid. Sebelum pergi di sunahkan terlebih dahulu untuk melakukan mandi sunnah dan bacakan niat, bacaannya tidak sama dengan niat doa mandi wajib, namun cara pelaksanaan sama. Kenapa harus mandi? Segala hal apapun yang mengandung ibadah kita disunhakan untuk mandi telebih dahulu, karena mau menghadap kepada Allah. Perlu dikatahui yang tidak bisa melaksankan ibadah jumat lihatlah rincian ketentuan dan niat sholat jum'at imam beserta makmum dibawah sebagai berikut.

1. Berakal Dan Baligh
2. Tidak Mewajibkan Buat Wanita (Mubah)
3. Orang Sedang Musfir (Perjalanan Jauh)
4. Orang Sakit Yang Tidak Mampu


صَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta'aala.

Artinya : Saya berniat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi imam, karena Allah ta'ala.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.

Artinya : Saya berniat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta'ala.

Jadi yang empat itu tidak wajib untuk menunaikan. Untuk tata cara dua rakaat, ruku, sujud, i'tidal sama dengan sholat lain hanya membedakan dari niatnya saja. Setelah beres jangan terburu keluar bacakan doa amalan memperbanyak surat Al fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan An'nas tiapa surat membacakan sebanyak 7x, sesudah itu langsung ke bacaan doa. Demikian dapat kami sampaikan tentang pengertian, keutamaan, manfaat niat sholat jumat yang benar sebagai makmum lengkap beserta artinya dan sunnahnya.