Bacaan Doa Tasyahud Tahiyat Awal Akhir Sampai Salam Lengkap

Sekarang pada hari ini kami akan merangkai kata kata atau menulis tentang keislaman yang dirangkai khusus untuk pengunjung setia kami, Allhamdulillah berkat irodat Allah bisa bercerita lagi manco dihadapan komputer, untuk bisa terus menemani buat yang ingin mendalami agama islam. Langsung kebahasan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini mau membuat rukun shalat bacaan tahiyat atau tasahud awal, dan doa setelah tahiyat akhir jadi inti dalam pembahasan kali ini, tepatnya yaitu bacaan doa ketika sedang melakukan sholat pada raka'at kedua dan raka'at akhir, jelasnya duduk diatara setelah sujud dua.

Untuk peraktek tata caranya, dalam pisisi tahiyat akhir pantat dan kaki menyentuh lantai sembari kaki kanan serta jari ditekukan, kaki kiri diarah kan kebawah kaki kanan. Untuk tahiyat/tasahud awal posisi kita semua kaki dan pantat nempel kelantai, akan tetap posisi pantat kiri ditahan oleh kaki kiri, kaki kanan jarinya ditekukan kelantai. Itulah yang dinamakan tasahud awal dan akhir baik didalam sholat wajib maupun sunnah harus kita ketahui. Bila kita tidak melakukan seperti itu, maka dari rukun-rukun salah satunya sebut saja sholat jumat tidak akan kita peroleh.

Bila melakukan sholat empat rakaat tahiyat awalnya pada rakaat kedua. Sedangkan tahiyat akhir yaitu pada rakaat keempat. Bila sholat tiga rakaat tahiyat awal pada dua rakaat, tahiyat akhir pada tiga rakaat. Dan subuh awal akhirnya terletak pada dua rakaat. Dalam hal ibadah kita harus apik menjalankannya, sebab kalau tidak apik bisa dapat membatalkan sholat kita, oleh karena sebagai manusia harus banyak bertanya ke ust atau guru guru ngaji yang sudah mahir dalam ibadah, supaya kita tahu semua sebab sebab dapat membatalkan sholat, sebelum melakukan yang wajib, terlebih dahulu meminta praktek belajar sholat kpd ust, agar bisa mengarahkankan kepada kita untuk memberitahu semua tata cara berikut rukun rukun. Begitulah perlu bertanya.

tahiyat awal dan tahiyat akhir

Sesuatu Dalam bentuk ibadah mau wajib maupun sunah jangan sekali mengguyon, karena itu merupakan perbuatan yang sangat tidak bagus dan akan mendapatkan dosa besar. Maka dari itu dalam menjalankan sholat apapun sholat-nya hati kita harus ikhlas, dan perasaan jangan memikirkan tentang yang ada didunia, sholat merupakan buat kita untuk mengingatkan kebesaran Allah. Nah kawan jangan pernah meninggalgal sholat, karena sholat adalah wajib hukumnya buat semua orang muslim dipenjuru dunia. Pembahasan selanjutnya mari kita lihat bacaan tersebut lengkap dengan bahasa arab, latin dan artinya.

Tasahud Awwal

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Attahiyatul mubarakatus solawatut taiyibatu laillah. Assalamu’alaika aiyuhan nabiyu warahmatullayhi wabarakatuh. Assalamu’alaina wa’la ‘ibadillahis salihin. Asyahadu alla illaha illallah. Wa’asyhadu anna Muhammadar Rasulullah. Allahumma solli’ala Sayyidina Muhammad.

Artinya : Segala penghormatan, keberkahan, curahan rohmat, kebaikan adalah untuk Alloh. Kesejahteraan atas engkau wahai Nabi dan rahmat Alloh serta keberkatanNya. Kesejahteraan atas kami dan atas hamba hamba Alloh yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah utusan Alloh. Ya Alloh Ya Tuhan kami, berilah curahan rohmat atas Nabi Muhammad.

Tasahud Akhir

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Attahiyatul mubarakatus solawatut taiyibatu laillah. Assalamu’alaika aiyuhan nabiyu warahmatullayhi wabarakatuh. Assalamu’alaina wa’la ‘ibadillahis salihin. Asyahadu allaa illaaha illalloh. Wa’asyhadu anna Muhammadar Rosululloh.

Allahumma solli’ala Sayyidina Muhammad. wa’ala ali Sayyidina Muhammad. Kama sollaita’ala Sayyidina Ibrahim wa’ala ali Sayyidina Ibrahim. Wabarik ‘ala Sayyidina Muhammad wa’ala ali Sayyidina Muhammad. Kama barakta ‘ala Sayyidina Ibrahim wa’ala aliSayyidina Ibrahim. Fil ‘alamina innaka hamidummajid.

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya : Segala penghormatan, keberkahan, curahan rahmat, kebaikan adalah untuk Alloh. Kesejahteraan atas engkau wahai Nabi dan rahmat Alloh serta keberkatan-Nya. Kesejahteraan atas kami dan atas hamba hamba Alloh yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Alloh.

Ya Alloh ya Tuhan kami, berilah curahan rahmat atas Nabi Muhammad. dan ke atas keluarganya. Sebagaimana Engkau beri rahmatkepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Berkatilah atas Muhammad dan atas keluarganya sebagaimana Engkau memberkati Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Di dalam alam ini, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.

Ya Allah Ya tuhan kami, Sesungguhnya aku berlindung kepada Mu dari siksaan kubur, siksa neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Almasih Dajjal.

Jika sudah mengetaui pada waktu sholat jangan lupa dibacakan. Demikian yanag dapat kami sampaikan tentang makna bacaan doa tahiyat atau tasahud awal dan tasahud akhir lafadz masihid dajjal lengkap dengan tulisan arab, latin dan terjemahannya yang shahih betul benar sampai membacakan salam sesuai sunnah. Dari kami mohon maaf atas segala kekurangan, tentunya dalam pembahasan ini banyak ucapan-ucapan yang keliru sengaja maupun tidak disengaja, dikarena masih tahap dalam pembelajaran. Sekian terimakasih semoga ada manfaatnya.