Penjelasan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam Secara Berurutan

Penjelasan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam Secara Berurutan. Alhamdulillah dihari yang bahagia semoga kalian semua ada dalam lindungan rahmat Allah SWT, dan semoga apa yang kita lakukan sekarang ini mudah-mudahan banyak makna serta barokah. Kami akan melanjutkan membuat postingan, dihari yang lalu juga sudah mempubliskan 99 nama-nama yang baik atau sipat-sipat dimiliki Allah ialah asmaul husna harus diketahui oleh semua umat muslim. Terus kunjungi blog ini karena setiap hari kami selalu stenbay untuk memudahkan kepada orang-orang yang lagi membutuhkan.

Pertama yang akan dibahas terlebih dahulu adalah rukun iman banyaknya ada 6 perkara. Daftaran ini pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga-nya masing masing, akan tetapi sebagaian orang telah biasa menyepelekan bahkan melupakan atau sama sekali tidak mengetahui, kalau kaya gitu mau apa jadina hidup kita, rakaian enam itu harus diketahui bahkan wajib kita tahu dan jangan sampai bertanya ada berapa rukun iman. Penjelasan pengertian kalau menurut bahasa rukun berarti tembok atau benteng sedangkan kalau iman yaitu keyakinan. Jadi kalau digambarkan suatu tembok atau benteng yang melindungi terhadap diri kita.

Akan tetapi kalau menurut istilah rukun iman adalah keyakinan yang sepenuhnya rela dengan hati ikhlas mengeluarkan kata kata atau mengucapkan yang keluar dari lisan seterusnya diamalkan dengan perbuatan baik. Lihat rangkaiannya sudah kami sediakan dibawah.

5 rukun islam

1. Iman Kepada Allah SWT

Orang belum dikatan iman bila tidak mengakui adanya Allah SWT. Itulah yang jadi dasar kepercayaan agama islam. Dan harus mengakui bahwa Allah itu satu. Mengakui bahwa seisi alam dun'ya dengan seisinya. Mengakui tida ada yang di sembah kecuali Allah SWT. Mengakui 99 sifat-sifat Allah SWT yang ada di as'maul husna.

2. Iman Kepada Malaikat Allah SWT

Urutan iman kedua mempercayai bahwa adanya mahkluk Allah ialah malaikat. 10 semua jumlah malaikat yang wajib diketahui oleh semua umat muslim diantaranya:

A. Jibril. Tugas menurukan wahyu
B. Mikail. Tugas Menurunkan hujan/rizqi
C. Izrail. Tugas Mencabut nyawa
D. Rokib. Tugas Mencatat amal baik
E. Atid. Tugas Mencatat amal buruk
F. Israfil. Tugas Meniup sankakala ciri dunia sudah akhir
G. Munkar. Tugas menanya mayit di dalam kubur
H. Nakir. Tugas menanya mayit di dalam kubur
i. Malik. Tugas menjaga pintu neraka
J. Ridwan. Tugas Menjaga pintu surga

3. Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Urutan iman ketiga mempercai atau mengimani semua kitab-kitab Allah yang diturunkan kesemua Nabi dan RAsul-nya yaitu. Taurat di turukan kepada Nabi Musa. Zabur diturukan kepada Nabi Daud. Injil Diturukan kepada Nabi Isa. Al qur'an di turukan kepada Nabi Muhammad SAW.

4. Iman Kepada Nabi Dan Rasul

Urutan iman keempat adalah Nabi sebagai utusan Allah SWT, jumlah nabi yang wajib diketahui yaitu ada 25, sebenarnya jumlah nabi itu yang aslinya 124.000.

5. Iman Pada Adanya Hari Akhir

Dimaksuk hari akhir. Kita Harus percaya bahwa sanya kiamat itu ada. Kiamat terbagi 2. Satu kiamat sugra ialah kiamat kecil. Dua kiamat kubro ialah kiamat besar seluruh alam akan hancur.

6. Qodo Dan Qodar

Kita harus mempercai adanya qodo dan qodar. Yang dimaksud qodo ialah ketetapan atau kehendak Allah terhadap semua mahkluk-nya. Terakhir qodar ialah harus percaya pada takdir.

Setelah kita mengetahui yang sudah dijelaskan diatas mari kita melanjutkan kembali pada bahasa rukun islam ada 5 perkara. rukun islam adalah benteng bagi agama islam itu merupakan yang wajib harus diketahui bagi seluruh orang beriman. rukun islam banyaknya ada lima perkara. Lihat juga daftran-nya dibawah sebagaimana talah kami sediakan diatas. Simak rangkaiannya.

1. Syahadat

Syahadat adalah berupakalimat dari bahasa arab, bacaan ini pernyataan untuk seseorang yang mengimani kepada Allah SWT.

2. Sholat

Sholat merupakan salah satu ibadah yang harus kita laksanakan sebanyak lima waktu, dan harus kita ketahui bahwa sholat adalah tihangnya agama islam.

3. Puasa

Yang dimaksud puasa ialah puasa ramadhan selama satu bulan, khusus buat kaum muslim melaksnakan ibada puasa ini merupakan kewajiban buat orang beriman.

4. Zakat

Apa yang dimaksud zakat. Zakat ialah sesuatu yang harus kita keluarkan kepada orang sudah mampu, dalam bentuk diberikan kepada orang yang berhak. Zakat terbagi 2. Satu ada zakat mal (harta). Dua zakat fitrah biasa kita laksanakan pada bulan puasa.

5. Naik Haji

Buat seseorang sudah mampu dalam segala hal, diwajibkan untuk bisa melaksanakan ibadah haji ke BAitullah ke kota mekah.

Nah itulah semua daftaran yang wajib kita ketahui oleh seluruh agama islam. Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai 6 rukun iman dan rukun islam 5 perkara. Mungkin itu pembahasan dimulai dari awal sampai akhir. Semoga penyediaan kami dapat diterima oleh semua para pengunjung, dan mudah mudahan kami bisa lagi melanjutkan postingan berikutnya.