Cara Niat Dan Bacaan Doa Kamilin Setelah Shalat Tarawih Lengkap

Penertian shalat tarawih adalah perkara sunnah yang dilakukan pada malam hari saat ramadhan selama satu bulan penuh, dilaksankannya yaitu ketika setelah melaksanakan sholat isya sampai waktu sebelum memasuki fajar, dari hukum shalat sunnah ini ialah muakad artinya sangat dianjurkan oleh agama islam untuk semua orang perempuan dan laki-laki, muda maupun tua. Di dalamnya banyak sekali faedah manfaat keutamaan serta keistimewaan dan masih banyak lagi, seandainya bila mana tidak melaksanakan sesunnguhnya diri kita sangatlah rugi.

Perlu anda ketahui dalam pelaksanaan atau tata cara peraktek mempunyai ketentuan tertentu sebagai mana solat wajib ataupun sunnah seperti ada takbiratul ihram, sujud, ruku dan rukun yang lainnya, tapi yang membedakan hanya dari bacaan niat itu sendiri, dari semua raka'at shalat tarawih ada yang melaksanakan 23 dan ada juga 11 rakaat berikut dengan sholat sunnah witir. Tetapi dalam pelaksanaan ada yang lambat juga ada yg tercepat, itu semua sudah mempunyai argumennya masing masing setiap para jemaah di semua wilayahnya sendiri.

Sekarang kita balik pada diri kita sendiri mana yang anda pilih, tapi diantara dua itulah membacaan surat surat ayat Al qur'an harus tartil dalam mengucapkan berikut dengan dari semua syarat rukun sholat. Kembali sedikit pada bahasan barusan, jikalau kita melaksanakan 23 raka'at maka tarawih 20 dan witir 3 rakaat. Untuk yang 11 rakaat, 8 tarawih 3 witir, itulah rangkaian cara mengerjakan sholat sunah tersebut, setelah mengerjakan tarawih kemudian langsung membacakan doa kamilin atau yang biasa kita sebut doa setelah shalat tarawih.

niat doa setelah shalat tarawih

Jangan lupa setelah sholat witir baiknya memcacakan doanya. Perlu kita ingat bahwa doa adalah intisari dalam beribadah, untuk itulah semua hamba hamba diwajibkan untuk bermunazat atau yang lebih keren biasa dengar berdoa, jadi setiap apapun yang bermaksudnya ibadah bukan sekedar ia membutuhkan, tetapi maksud disini yaitu bagian dari perintah memenuhi semua perintah kepada sang maha pencinta yakni Allah SWT. begitu juga kepasrahan atau ikhlas hati diri kita semua yang telah di tentukan. Kita simak sebentar kebawah sebagai berikut.

Setelah dari sholat itu jangan lupa membacakan niat puasa ramadhan supaya tidak lupa, karena kalau kita tidak memcakan niat maka puasanya harus d ganti atau qadha sesudah setelah ramadhan, tetapi walau tidak membacakan niat tetap puasanya harus dilanjutkan samapai maghrib. Untuk tata cara sholat tarawih sudah kami sebutkan di atas. Dimulai dari memcakan niat, baca Al fatihah, surat surat Al Quran, berikut rukun rukun sampai dengan salam.

niat doa shalat tarawih

Doa Kamilin Setelah Shalat Tarawih

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْاِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لَوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَاِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَاِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَمِنْ حُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِاَكْوَابٍ وَّاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ اُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلاَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه اَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya : Dengan menyebut nama Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, jadikan-lah kami orang orang yg sempurna iman-nya, yg melaksanakan kewajiban kewajiban terhadap Mu, memelihara sholat, mengeluarkan zakat, mencari apa ada di sisi Mu, mengharapkan ampunan Mu, berpegang pada petunjuk, berpaling dari kebatilan, juhud di dunia, menyenangi akherat, ridho dengan ketentuan, bersyukur atas nikmat yang diberikan, sabar atas segala musibah, berada dibawah panji panji junjungan kami Nabi Muhammad SAW pd hari kiamat sampai kepada telaga masuk ke dalam surga.

Duduk di atas dipan kemuliaan, menikah dengan para bidadari, mengenakan berbagai sutra, makan makanan surga, minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang orang yg Engkau beri nikmat dari para Nabi, shiddiqin, syuhada dan orang orang sholeh. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan anugerah dari Alloh, dan cukup-lah bahwa Alloh Maha Mengetahui.

Ya Alloh... jadikanlah kami pd malam yg mulia dan diberkahi ini tergolong orang orang bahagia diterima amalnya, dan jangan-lah Engkau jadikan kami tergolong orang orang celaka ditolak amalnya, Semoga Alloh mencurahkan rahmat Nya atas penghulu kita Muhammad SAW, keluarga beliau dan shahabat beliau semuanya, berkat rahmat Mu, Ya Allah, Paling Penyayang di antara yg penyayang. Segala puji bagi Alloh Tuhan semesta alam.

Dari semua pembahasan barusan yaitu kita dianjurkan untuk melaksanakan untuk semua orang sudah dewasa pria maupun waniti kecuali wanita yang sedang datang bulan. Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang pengertian hukum sejarah ketentuan melaksanakan shalat tarawih berikut dengan tata cara, niat dan doa stelah tarawih lengkap bahasa arab, tulisan latin dan artinya. Ada yang kelewat tarawih bisa sendiri alangkah baiknya berjamaah supaya mendapatkan pahala berjamaah. Sekian dari pertama mulai mengetik sampai di akhiri dengan mengucapkan terimakasih atas kunjungan, mohon maaf banyak kekurangannya.