Tata Cara Lengkap Bacaan Niat Doa Sholat Tasbih Dan Artinya

Hidup hanya sekali mari manfaatkan hidup kita dengan memperbanyak ibadah agar kualiatas iman menjadi kokoh dan kuat. Dalam kesempatan bahagia ini kami akan membahas mengenai cara baik mengerjakan sholat tasbih berikut dengan bacaan doa serta niat. Sebelum menyediakan mau bercerita sedikit keluar dari materi ini, tapi tetap tidak jauh dari perkara ibadah. Jaman diera globalisasi ini sebagian orang banyak tergiur oleh materi, disini harus bisa kuat menjauhi agar tidak tergiur dengan haliyah dunia, karena sebab itu akan melupakan dan akan lemah iman kita. Nah sekarang ayo menyongsong membangun benteng dengan cara beribadah dan memperbanyak amal.

Itulah pokok menjalani hidup didunia yang pana. Dari pada itu bila ada seseorang meninggalgal dunia keluarga, kerabat atau sahabat kita jangan cuek seharusnya bisa mengurusi seperti ikut sholat jenazah sampai ke tempat pemakamannya. Kita lanjutkan kebahasan pokok. Shalat tasbih adalah sholat sunat yang dikerjakan saat malam, siang maupun sore hari itu bisa kapan saja kita mau, Akan tetapi sholat khusus ini sebagian tidak sama bacaan niat dan doanya, yang dimaksud sholat sunnah tasbih yaitu adalah didalam sholat memperbanyak bacaan tasbih dalam empat rakaat sebanyak 300 kali ditiap tiap rukun sudah di tetapkan.

Ini merupakan shalat yang dianjurkan untuk semua kaum muslimin walmuslimat bisa mengamalkannya, seharusnya kalua bisa setiap hari, bila tidak bisa seminggu sekali, sebulan atau setahun sekali dari pada tidak melakukan, kalau tidak bisa lagi sekali seumur hidup. Jika mengamalkan pada siang maka di satu kali salamkan seperti sholat dzuhur, asyar dan isha dengan empat rakaat. Apabila mengamalkan pada malam hari bagusnya yaitu dua kali salam dari empat rakaat, dalam artian 2 raka'at lasung salam, 2 raka'at lagi langsung salam jadi seluruhnya 4 raka'at, sholat ini sama dengan sholat sunnah lainnya tapi niat beda.

sholat tasbih

Nah diatas itu adalah pengertian dari sholat tersebut hukumnya sunnah. Biasanya orang melakukan sholat pada waktu tutup buka amal pertengahan bulan syaban, ini merupakan bacaan dipilih oleh Allah SWT. Pada semasa Rasul masih hidup ditanya oleh sahabat, sumber ini diambil dari hadist riwayat muslim yang artinya. "Pada suatu hari ada yang bertanya kepada Nabi SAW, Apakah ucapan yg paling baik? Nabi menjawab. paling dipilih oleh Allah SWT kepada malaikat dan hambanya yaitu ucapan Subhanallohi Wa Bihamdihi". Barusan adalah sabda Rasul yang harus kita amalkan setiap detik. Setelah mengetahui kami mengajak untuk menyimak bacaan tata cara niat sholat tersebut dibawah.

أصلى سنة التسبيح ركعتين لله تعالى

USALLII SUNNATAT'TASBIHI ROKATAINI LILLAA'HI TA'AALAA.

Artinya : Niat Shalat Sunat Tasbih Dua Rakaat Karena Allah Ta'ala.

أصلى سنة التسبيح اربع ركعات لله تعال

USALLII SUNNATAT'TASBIHI ARBA'A RAKATAINI LILLAA'HI TA'AALAA.

Artinya : Niat Shalat Sunat Tasbih Empat Rakaat Karena Allah Ta'ala.

Bacaan Tasbih

سبحان الله والحمد لله ولا اله إلا الله الله اكبر

SUBHANALLAHI WALHAMDU LILLAAHI WA LAA ILLALLAH WALLAHU AKBAR.

Maha Suci Allah, Segala Piji Bagi Allah, Tiada Tuhan Selain Allah Dan Allah Maha Besar.

Selanjutnya membacakan niat langsung takbiratul ihram, sesudah itu kepada fatihah, surat surat dibacakan itu tergantung yang melaksanakannya. Sebelum ruku setelah membacakan surat terlebih dahulu membacakan tasbih 10, setelah bacaan ruku 10x, dalam sujud dua 10x setelah bangun dari sujud mau dilanjutkan rakaat ke 2 tasbih 10x. Rakaat berikutnya sama yang sidah disebutkan barusan, sebelum salam 10 total keseluruhan jadi 300x.

Doa Setelah Sholat Tasbih

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك تَوْفِيقَ أَهْلِ الْهُدَى وَأَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِينِ وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَك،

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجِزُنِي عَنْ مَعَاصِيكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِك عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاك وَحَتَّى أُنَاصِحَكَ بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْك حَتَّى أَخْلُصَ لَك النَّصِيحَةَ حَيَاءً مِنْكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا وَحَتَّى أَكُونَ أُحْسِنَ الظَنَّ بِكَ، سُبْحَانَ خَالِقِ النُّورِ. ا هـ وَفِي رِوَايَةٍ خَالِقِ النُّورِ

ALLAHUMMA INNI AS'ALUKA TAUFIQA AHLIL HUDA, WA A'MALA AHLIL YAKIN, WA MUNASHAHATA AHLIT TAUBAH, WA 'AZMA AHLIS SHABRI, WA WAJALA AHLIL KHASYYAH. WA THALABA AHLIR RAGHBAH, WA TA'ABBUDA AHLIL WARA'I, WA IRFANA AHLIL ILMI HATTA AKHAFAK.

ALLAHUMMA INNI AS'ALUKA MAKHAFATAN TAHJIZUNI, AN MA'ASHIKA HATTA A'MALA BI THA ATIKA, AMALAN ASTAHIQQU BIHI RIDHAKA WA HATTA UNASHIHAKA BIT TAUBAH, KHAUFAN MINKA HATTA AKHLUSHA'LAKAN NASHIHATA HAYA'AN MINKA WA HATTA ATAWAKKALA, ALAIKA FIL UMURI KULLIHA WA HATTA AKUNA, UNSINUZ ZHANNA BIKA, SUBHANA KHALIQIN NUR.

Artinya : Ya Allah... kepadaMu aku meminta petunjuk, mereka yg terima hidayah, amal amal orang yg yakin, ketulusan mereka yg bertobat, keteguhan hati mereka yg bersabar, kekhawatiran mereka yg takut kepadaMU, doa mereka yg berharap, ibadah mereka yg wara’, dan kebijaksanaan mereka yg berilmu supaya aku menjadi takut kepadamu.

Artinya : Ya Allah... masukkanlah rasa takut di kalbuku yg dapat menghalangi diri ini untuk mendurhakaiMu. Dengan demikian aku dapat beramal saleh yg mengantarkanku pada ridhaMu, dan aku bertobat setulusnya karena takut kepadaMu. Dengan itu pula aku beribadah secara tulus karena malu kepadaMu. Dengan rasa takut itu aku menyerahkan segala urusanku kepadaMu. Karena itu juga aku dpt berbaik sangka selalu kepadaMu. Mahasuci Engkau Pencipta cahaya.

Alhamdulillah kita sudah mengetahui, untuk itu mari kita dawamkan setiap waktu menit dan detik, sebab dapat menghilangkan dosa walaupun doa segede gunung dan akan memberatkan timbangan amal, dengan membacanya setiap hari semoga menjadi bekal nanti, semoga hidup kita didunia menjadi berkah dapat mengambil manfaatnya dan diberi umur panjang. Demikian yang dapat kami sampaikan tentang tata cara niat bacaan doa sholat tasbih lengkap dan artinya. Semoga ada manfaatnya.