Lafadz Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendri Keluarga Dan Anak

Pembaca yang budiman, pertemuan ke beberapa kali ini akan memberikan bekal untuk semua yang suka pergi ke dunia maya, supaya nanti pada waktunya tidak lupa lagi dengan bacaan doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri, seandainya bila mewakilkan keluarga, istri, suami dan anak, untuk bacaan doa membayar mengeluarkan dan menerima jakat mal, untuk lafadz bacaan beda dengan yang di sebut barusan. Niat secara bahasa arab adalah, berarti suatu bentuk meng ikrarkan atau menjadikan perbuatan keinginan keluar dari dalam hati, seperti kita ketahui niat merupakan amaliyah sehingga orang lain tidak dapat mengetahui.

Dalam melakukan tindakan pertama keluar dari niat, semisal kita mau melaksanakan ibadah sholat wajib maupun sunnah kalau tidak diawali dengan niat maka tidak akan sah begitu pula sama dengan sholat wajib dan sunnah. Lain dari pada ibadah, tapi kadang kala tindakan tidak di awali dengan ucapan tersebut bisa terjadi dikehidupan sehari hari, perbuatan luar ibadah jangan disamakan dengan ibadah yang sudah di tetapkan, maka dari itu seperti akan di paparkan oleh kami sekarang ini ialah tentang niat doa zakat fitrah terlebih yang harus dipahami dari segi lafadz bacaan, tidak menutup kemungkinan sebagian masih ada yang belum tahu bahkan banyak.

Sebelum mengetahui niat, alangkah baiknya kunjungi ucapan lebaran idul fitri dapat kami ketik sebelumnya. Mari kita menggali arti zakat fitrah? Kita sebagai umat beragama muslim diwajibkan mengeluarkan zakat, karena wajib disini orang orang tertentu yang di bolehkan, tetapi zakat adalah sebagian harta harus di keluarkan oleh orang muslim yang mampu, zakat terbagi dua macam dan apa perbedaan zakat mal dan zakat fitrah. Pertama zakat fitrah merupakan kewajiban seluruh muslim yaitu waktu mengeluarkan akhir di dalam bulan ramadhan sehari sebelum menjelang idul fitri, ukuran berat besarnya yaitu 2,5 kg, misal kalau di liter ada 3,5, yang harus dikeluarkan makanan pokok di daerahnya bersangkutan, biasa di negara kita sendiri adalah beras makanan pokok sehari hari.

niat zakat fitrah

Kedua, zakat mal (harta) merupakan zakat dari hasil berbisnis dari berdagang, ada lagi ternak, pertanian pertambangan, emas, hasil laut dan masih banyak lagi jenis-jenisnya, pokoknya apa pun yang menghasilkan harta besar harus dihitung, karena ada orang hak yang wajib menerimanya, jangan sampai tidak di berikan itu akan menjerumuskan kepada jurang dan nanti di akhir jaman di perhitungkan. Dalil Al Quran yang mewajibkan Allah SWT berfirman yang artinya. "Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku". (QS: Al-Baqarah 2: 43). Berikut lafad bacaan dibawah.

doa niat zakat fitrah

2.) Niat Zakat Fitrah Orang yang Diwakilkan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ .... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN "Sebutkan nama orangnya" FARDHOL LILLAAHI TA'ALAA

Artinya : Aku berniat mengeluarkan zakat fitrah atas "sebut nama orang" Fardhu karena Alloh Ta’aala

3.) Niat Zakat Fitrah Keluarga Dan Diri Sendiri

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'ANNII WA'AN JAMII'I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR'AN FARDHOL LILLAAHI TA'ALAA

Artinya : Aku berniat mengeluarkan zakat buat diri sendiri dan buat sekalian yg saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala.

Bila sudah waktu nya segerala laksanakan, itu yang menjadi jembatan kelak kalau kita sudah mati, bila punya harta besar langsung salurkan kepada orang orang yang berhak menerima zakat fitrah. Demikian informasi dapat kami sampaikan tentang syarat sah rukun ijab qobul, doa niat zakat fitrah untuk suami istri, anak, keluarga, ibu dan zakat mal berupa uang, dengan bacaan membayar mengeluarkan dan menerima lengkap bahasa arab tulisan latin beserta artinya sesuai sunnah. Semoga para pembaca dapat menerima dan juga bisa bermanfaat untuk semunya. Munkin sedikit pemaparan dari kami mohon maaf dalam menulis pasti banyak kata yang tidak dapat di mengerti dan pahami.