Aqiqah Dan Beberapa Hukum Aqiqah Dalam Madzhab Syafi’i

meme aqiqah

Aqiqah secara bahasa adalah rambut yang berada dikepala bayi waktu lahir, secara istilah:  menyembelih hewan ( sama seperti hewan qurban ) sebagai penebus anak bayi yang telah lahir pada hari ke7 sekaligus mencukur rambut kepalanya, sesuai dengan makna hadits Rasulullah “setiap anak digadaikan pada aqiqahnya”,  hukumnya sunnah muakkad.

Hukum kesunahan aqiqah tidak hilang bagi orang tua kandung yang mampu melaksanakannya, hingga anaknya mencapai usia baligh, ketika anak sudah baligh dan dia ketika kecil belum di aqiqohi, disunahkan baginya (bagi anak) untuk mengaqiqohi sendiri, sebagai penyusul apa yang telah hilang darinya (referensi kitab: Mughni Al- muhtaj juz 4 halaman 293).

Baca juga: Aqiqah Dan Beberapa Hukum Aqiqah Dalam Madzhab Syafi’i

 

gambar hukum aqiqah

Tafsir dari hadits yang telah sebutkan diatas tadi menurut Imam Ahmad dan lainnya adalah “setiap orang tua yang tidak mengaqiqahi anakanya,  anaknya tidak bisa memberi syafa’at pada kedua orang tuanya, karena barang yang digadaikan tidak dapat dimanfaatkan oleh orang yang menggadaikannya, sebab belum ditebus.

Baca juga: Tata Cara Niat Puasa Senin Kamis

Untuk orang tua yang menginginkan syafaat anaknya, seharusnya mengaqiqahinya walaupun sesudah anaknya mati (kitab I’anatuttholibin syarah fathul mu’in jus 2 halaman 128).

Hukum Aqiqah Dan Beberapa Permasalahannya

Sebelum kita membahas yang sesuai dengan judul ini, kita akan membahas terlebih dahulu tata cara aqiqah:

  1. Aqiqah dilaksanakan di hari ketuju kelahiran bayi
  2. Hewan yang disembelih syaratnya sama halnya hewan qurban
  3. Tulang hewan aqiqah tidak boleh dipecah
  4. Dishadaqahkan dalam bentuk sudah dimasak
  5. Diantarkan pada faqir miskin

Selanjutnya kita membahas hukum aqiqah/masalah-masalah seputar aqiqah, hukum daging aqiqah boleh dimakan bila bukan aqiqoh nadzar.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>