Beberapa Masalah Badal Haji, dan Seputar Info Haji

gambar info haji

 

Info haji. Badal haji, menghajikan orang lain menurut pendapat para ulama yang mengatakan boleh menghajikan orang lain, dengan syarat yaitu orang yang dihajikan tersebut telah meninggal dunia dan belum melakukan ibadah haji, atau dikarenakan sakit yang parah/sakit berat, sehingga tidak memungkinkannya melakukan ibadah haji akan tetapi dia kuat secara finansial.

Ulama madzhab Maliki berpendapat bahwasannya menghajikan seseorang yang masih hidup tidak diperbolehkan, dan diperbolehkan menghajikan orang yang sudah meninggal asalkan dia telah mewasiatkan, dengan syarat biaya yang dikeluarkan untuk hajinya tidak mencapai 1/3 (sepertiga) dari harta yang ditinggalkannya.

Ulama madzhab Hanafi berpendapat bahwa orang yang sakit atau dalam kondisi jasmaninya tidak memungkinkan melakukan ibadah haji akan tetapi mempunyai harta atau biaya  untuk ibadah haji, maka baginya wajib membayar orang lain untuk menghajikan dirinya, dan bila sakitnya mungkin susah disembuhkan, dia diwajibkan meninggalkan wasiat agar kelak dihajikan.

Ulama madzhab Syafi’I berpendapat diperbolehkan menghajikan orang lain dalam 2 kondisi : pertama, untuk orang yang tak mampu melaksanakan ibadah haji karena usia sudah sangat tua atau sakit yang menyebabkan dia tidak bisa/tidak sanggup untuk duduk diatas kendaraan. Orang seperti ini jika mempunyai harta wajib baginya membayar orang lain untuk menghajikannya, cukup dengan biaya haji walaupun bukan termasuk biaya orang yang ditinggalkan.

Kedua orang yang sudah meninggal dan belum sempat melakukan ibadah haji, bagi ahli warisnya wajib menghajikan beliau dengan harta yang ditinggalkannya, jika ada.

Ulama syafi’I dan hanbali melihat bahwa kemampuan/kekuatan melakukan ibadah haji ada 2 macam: 1.Yaitu kemampuan langsung (diri sendiri), seperti orang yang sehat dan punya harta untuk haji. 2. Kemampuan yang bersifat tidak secara langsung, yaitu orang yang secara fisik tak mampu, tetapi secara finansial mampu/kuat. Keduanya terkena hukum wajib melaksanakan haji.

You Might Also Like

9 Comments

  1. 1

    For those who have dift­fi­cul­Âies with the tar­get num­bers: Just pause the video and then play it again until you man­age to write down all the numbers!

  2. 3

    sou ex foniconario da FNS aderir o PDV em 1999 agora estou a espera de retornar ao trabalho. espero que os politicos olhe para nós e ajuda -nos a sair deste sofrimento.

  3. 5

    Maka dijawab, Seorang muslim yang telah menunaikan haji wajib untuk dirinya dibolehkan menghajikan orang lain, jika orang yang dihajikan tersebut tidak mampu melaksanakan haji sendiri karena sudah tua renta atau sakit yang tidak ada harapan sembuh atau karena telah meninggalkan dunia. Berdasarkan hadits-hadits shahih yang menunjukkan hal itu. Akan tetapi kalau orang yang akan dihajikan tidak mampu haji karena masalah sementara yang mungkin dapat hilang seperti sakit yang ada harapan sembuh, alasan politik dan tidak aman diperjalanan atau semisal itu, maka tidak sah menghajikan untuknya. Di Negara kami ada travel haji yang membuat program haji badal. Kita berikan uang kepada mereka, sebagai ongkos haji, lalu ada penuntut ilmu yang melaksanakan haji badal untuk kami. Apakah hal itu dibolehkan?

  4. 7

    Hello Web Admin, I noticed that your On-Page SEO is is missing a few factors, for one you do not use all three H tags in your post, also I notice that you are not using bold or italics properly in your SEO optimization. On-Page SEO means more now than ever since the new Google update: Panda. No longer are backlinks and simply pinging or sending out a RSS feed the key to getting Google PageRank or Alexa Rankings, You now NEED On-Page SEO. So what is good On-Page SEO?First your keyword must appear in the title.Then it must appear in the URL.You have to optimize your keyword and make sure that it has a nice keyword density of 3-5% in your article with relevant LSI (Latent Semantic Indexing). Then you should spread all H1,H2,H3 tags in your article.Your Keyword should appear in your first paragraph and in the last sentence of the page. You should have relevant usage of Bold and italics of your keyword.There should be one internal link to a page on your blog and you should have one image with an alt tag that has your keyword….wait there’s even more Now what if i told you there was a simple WordPress plugin that does all the On-Page SEO, and automatically for you? That’s right AUTOMATICALLY, just watch this 4minute video for more information at. Seo Plugin

  5. 9

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>