Keterangan Fiqh Wanita Tentang Darah Nifas

foto darah nifas

Darah Nifas adalah darah yang keluar dari rahim wanita setelah selesai melahirkan, tetap dinamakan darah nifas walaupun anak yang dilahirkan belum berwujud manusia atau masih berupa alaqah (darah kental) atau mudghoh (segumpal daging). Wajib bagi suami memahami tentang hukum nifas, siklus nifas, jika istrinya belum tau tentang hukumnya.

fiqh darah nifas

Di zaman yang serba modern ini, seakan ilmu agama disampingkan, lebih mengutamakan ilmu cari duit, padahal kita hidup didunia ini hanya untuk mencari bekal di akhirat, kita juga berkewajiban mencari uang, tapi hanya untuk secukupnya sebagai perantara kelangsungan hidup. Jangan gara-gara uang kita lupa akan pentingnya ilmu agama yang akan menghantarkan kita untuk selamat diakhirat.

Darah yang keluar setelah melahirkan itu disebut darah nifas jika jarak antara melahirkan dan keluar darah tidak melebihi lima belas hari 15 malam. Jika melebihi lima belas hari 15 malam, maka darah yang keluar disebut sebagai darah haid jika memenuhi syarat-syarat darah dinamakan darah haid, jika tidak memenuhi syarat-syarat haid, maka disebut darah fasad atau istihadlah.

keterangan masa nifas

Batasan Masa Nifas

Paling sedikitnya masa nifas adalah waktu yang sangat sebentar. Masa paling lama nifas adalah enam puluh hari 60 malam, baik keluar darah terus menerus atau terputus-putus, selama tidak melewati 60 hari, atau terputus-putus didalam waktu enam puluh hari akan tetapi putusnya tidak lebih dari lima belas hari.

Contoh:

-Waktu selesai  melahirkan ……………..tanggal 1 bulan 2/februari

-Mengeluarkan darah  tannggal 1 bulan 2 (februari)  hari itu juga pas hari selesai melahirkan langsung    keluar darah, darahnya keluar terus menerus sampai tanggal 30 bulan 3 (maret)

  • Maka masa nifasnya adalah 60 hari.

Penghitungan darah nifas mencapai 60 hari itudimulai dari waktu melahirkan, tidak dari waktu mengeluarkan darah. Sehingga darah nifas yang lama keluarnya 50 hari disebut sebagai paling lamanya nifas jika keluarnya darah nifas itu pada hari ke 10 setelah melahirkan. Tetapi waktu yang dihukumi mengeluarkan darah nifas adalah waktu mulai mengeluarkan darah.

Contoh:

Waktu selesai Melahirkan…………………………tanggal 1 bulan 2 (februari)

Waktu keluar darah nifas………..…tanggal 10 bulan 2 (februari)  sampai tanggal 30 bulan 3 (maret)

Maka masa nifasnya adalah………..50 hari.

Dan umumnya nifas adalah 40 hari, keterangan diatas adalah hasil istiqra’/investigasi Imam Syafi’i RA terhadap wanita Arab.

Darah yang keluar setelah melahirkan dan keluarnya secara terputus-putus itu semuanya dihukumi darah nifas, baik ketika mengeluarkan darah maupun ketika putus dari darah, selama darah yang keluar secara terputus-putus itu tidak melebihi masa 60 hari dari waktu melahirkan, dan jarak putusnya darah nifas yang pertama dengan darah selanjutnya tidak lebih dari 15 hari 15 malam.

Batasan suci dari nifas

Batas suci dari nifas adalah dengan putusnya darah nifas atau dengan mencapainya darah nifas lebih dari hari ke 60 dari hari melahirkan. Adapun maksimal suci yang memisah antara nifas dengan nifas tidak ada batasnya, dan minimal suci yang memisah antara nifas dengan nifas tidak disyaratkan harus 15 hari 15 malam seperti halnya minimal suci yang memisah antara haid dengan haid setelahnya.

meme masalah masa nifas

Tetapi bisa kurang 15 hari, dan bahkan mungkin tidak ada pemisah antara nifas dengan yang satu dengan nifas selanjutnya, seperti ketika ada wanita sedang mengeluarkan darah nifas disetubuhi suaminya dan akhirnya hamil lagi dalam keadaan mengeluarkan darah nifas. Disaat darah nifas belum putus dia mengalami keguguran dan mengalami pendarahan, dalam kasus ini ada dua darah nifas yang tidak dipisah oleh masa suci.

Demikianlah artikel al- faqir ila rohmati robby tentang darah nifas dan masa nifas, semoga bermanfaat untuk seluruh umat islam.

Santri kwagean bisa.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>