Fatwa Tentang Hukum Tarian Sufi

gambar tentang tarian sufi

Tarian Sufi Sering kali kita melihatnya pada acara-acara sholawatan, thoriqoh, dan lain sebagainya. Namun banyak yang belum mengerti hukum tarian sufi, akhirnya ada sebagian orang yang menghukumi tarian sufi haram.

Perlu anda ketahui tarian sufi merupakan sebagian dari kegiatan ulama salaf yang jelas tak diragukan lagi tingkat kealiman dan wara’nya. Sungguh salah besar bila ada yang mengatakan tarian sufi bid’ah bahkan haram.

Ditanyakan kepada Ibnu Hajar –semoga Alaah memberikan manfaat- tentang tarian yang dilakukan para sufi ketika dibuai ladzatnya dzikir, apakah ada dalilnya?.

Ibnu Hajar menjawab : memang benar ada dalilnya. Sesungguhnya telah diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa sesungguhnya Ja’far bin Abi Tholib R.A menari-nari dihadapan Nabi SAW, ketika beliau mengatakan kepadanya “ wahai ja’far sungguh rupa dan tabiatmu mirip denganku”. Itu lo haditsnya ada, hayo siapa lagi yang mau bilang haram? Makanya kalau belajar agama jangan setengah-setengah.

Sahabat Ja’far menari sedemikian ini tak lain karena terbuai rasa ladzat atas ucapan nabi dan nabi pun tidak mengingkari perbuatan Ja’far tersebut. Lagi pula sungguh benar-benar terjadi tarian-tarian sambil berdiri pada majlis dzikir seperti yang dilakukan segolongan imam-imam besar termasuk diantaranya Syeikh Al-Islam ‘Izzudin Bin Abd.Salam.

 

Referensi diambil dari kitab Al-Fatawi Al-Haditsyiah, Hal : 213.

Demikianlah sedikit pengaetahuan tentang dasar dalil tentang tarian sufi. Bila ada kesalahan atau kekurangan silahkan comment langsung di bawah artikel ini.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>