1000 Manfaat dan Budidaya Buah Pinang

gambar buah pinang

Buah pinang atau disebut juga jambe dalam bahasa jawanya mempunyai banyak manfaat, sekarang para petani buah pinang pun kebanjiran duit dikarenakan harga buah pinang yang melonjak tinggi, penyebapnya dikarenakan permintaan export ke luar negeri yang sangat banyak, diantara Negara yang banyak mengimport buah pinang dari Indonesia adalah Negara Mesir dan Hindia.

Perkebunan buah pinang yang paling banyak terletak di daerah jambi, jambi sekarang menjadi pemasok buah pinang terbesar di Asia. Para petani sawit pun sekarang banyak yang tergiur beralih ke perkebunan buah pinang. Lahan-lahan yang awalnya kosong penuh ditumbuhi rumput dan kayu pun di tebangi untuk di tanami buah pinang, harga tanah kosong pun naik drastis dijambi.

Perawatan pohon buah pinang pun sangat mudah, tidak perlu banyak dipupuk, berbeda jauh dengan pohon sawit yang perlu pupuk banyak, pohon buah pinang juga tidak memerlukan pengairan yang banyak, kalau pohon buah sawit sangat membutuhkan pengairan yang cukup danjika tidak lancer airnya daun pohon sawit warnya menjadi kekuning-kuningan dan tidak mengeluarkan buah sawit.

Ada juga yang mengatakan bahwa buah pinang dijadikan bahan produksi cat, ada yang digunakan sebagai bahan pembuatan inai/celak (jawa). Dan sekarang di Indonesia banyak yang memanfaatkan buah pinang sebagai obat tradisional dan Herbal. Manfaat buah pinang sangat baik untuk kesehatan terutama kalau orang zaman dahulu sebagai obat penguat gigi.

Pohon buah pinang ialah hampir sama dengan pohon palma, pohonnya tinnggi bahkan bisai mencapai ketinggian 20 meter, batang pohon buah pinang namun lurus berwarna putih kalau sudah tua, kalau masih muda berwarna hijau tua, sedangkan buah pinang jika masih muda berwarna hijau tua juga, akan tetapi ketika sudah tua berwarna kuning kemerah-merahan kulitnya.

Cara menanam buah pinang pun sangatlah mudah, cara menanamnya yang bagus adalah sediakan bungkus plastic polibek atau plastic biasa ukuran setengah kilogram, kemudiakan isikan tanah merah ke dalam plastic, sebelum buah pinang dijambang kedalam tanah yang terbungkus plastic pilihlah buah pinang yang sudah tua dan dari buah pohon pinang yang sudah tua.

gambar budidaya pinang

Apabila buah pinang yang dijambang berasal dari pohon yang belum tua pada umumnya jika sudah besar tingkat produksi buahnya tidak stabil, bahkan bisa tidak mengeluarkan buah sama sekali, tapi jika diambil dari pohon yang sudah tua maka pada umumnya produksi buah pinangnya akan maksimal, dan saya telah membuktikannya setelah beberapa tahun yang lalu saya menanamnya.

Untuk perawatan pohon buah pinang cukup anda bersihkan rumput-rumput yang tumbuh disekitar akar pohon buah pinang, jika anda biarkan rumput-rumputnya tumbuh lebat otomatis akan mengganggu penyerapan akar pohon pinang, dan ketika sudah begitu maka produksi buah pinangnya kurang, berilah pupuk secukupnya setiap 4 bulan sekali, cukup sederhana kan? .

Kembali lagi pada masalah menjambang buah pinang, ketika pinang sudah tumbuh dengan tinggi sekitar setengah meter, maka pindahkanlah ke lahan perkebunan yang anda siapkan sebagai kebun buah pinang, tanam dilahan itu dengan jarak antara pohon yang satu ke pohon lainnya sekitar  3 meter, agar daunnya ketika sudah besar tidak berdempetan.

Selanjutnya akan saya bahas beberapa manfaat buah pinang untuk kesehatan.

You Might Also Like

6 Comments

  1. 1
    • 2
      • 3

        Hola Sonia, desconec la soja dolça, és líquida? Crec que a llocs de productes naturistes la podré trobar, si no pot ser es pot endolcir?Molt bons tots els pans, el blog, les receptes totes, etc., encara que no ho sembli pels pocs comentaris, et segueixo de prop. L&1n7#2;enhorabo8a pel bon gust!Alícia

    • 4

      “Being atheist in no way renders you left or liberal, much less far.”Uuh. That’s not what Helen said. She said: “..far left liberals are typically agnostic or atheists and their progressive causes serve as a kind of religion for them.” She said that lefties dilneoportiopatrsy tend to be atheists–which is certainly true–not that being atheistic magically renders you a leftie. All dogs are animals. Not all aninmals are dogs.

  2. 5

    Hello blogger ! I read your website everyday and i must say you have high quality articles here.
    Your website deserves to go viral. You need initial traffic only.
    How to go viral fast? Search for: forbesden’s tools

  3. 6

    I see interesting articles here. Your website can go viral easily, you need some initial traffic only.
    How to get it? Search for: ricusso’s methods massive
    traffic

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>