Niat Puasa Senin Kamis

foto niat puasa senin kamis

Niat puasa senin kamis. Sebelum kita membahas niat puasa senin kamis alangkah lebih baiknya kita bahas apa itu puasa senin kamis, puasa senin kamis adalah puasa suanah yang dilaksanakan pada hari senin dan kamis.  Alasan mengapa disunahkan puasa senin kamis,dikarenakan rosulullah dilahirkan pada hari senin,  Allah menurunkan wahyu dan mengutus  rosululloah juga hari senin, juga di hari senin dan kamis semua amalan hamba Allah selama satu minggu diangkat.

Puasa senin kamis sangat banyak manfaatnya, namun ketika kita mau melakukan puasa senin kamis, jangan sampai kita niati untuk mendapatkan manfaat puasa senin kamis, akan tetapi niatlah mencari ridlho Allah semata, dengan niat puasa senin kamis seperti itu insya’allah kita juga akan mendapatkan manfaat dan hikmah puasa senin kamis.

Mengenai  niat puasa senin kamis ada dua perbedaan pendapat ulama dalam masalah niat puasa sunah, sebagian ulama mengatakan niat puasa sunah tidah harus dilakukan sebelum waktu subuh tiba sebagaimana niat puasa wajib, dan sebagian ulama lagi mengatakan bahwasannya niat puasa sunah harus dilakukan sebelum waktu subuh datang, sama seperti puasa wajib/ramadhan.

Adapun niat puasa senin kamis yaitu sebagai berikut:

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis  Untuk Hari Senin

niat

Artinya: aku niat puasa hari senin sunah karena Allah ta’ala

Dan untuk bacaan niat puasa senin kamis untuk hari kamis sebagai berikut:

Contoh bacaan niat puasa senin kamis untuk hari kamis

kamis

Artinya: aku niat puasa hari kamis sunah karena Allah ta’ala.

Setelah membahas niat puasa senin kamis, tidak afdhol rasanya kalau tak membahas  keutamaan puasa senin kamis,baiklah selanjutnya kita bahas keutamaan puasa senin kamis.

gambar puasa senin kamis

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis merupakan ibadah sunah dengan kata lain ibadah ghoiru mahdoh/tidak wajib, akan tetapi memiliki dampak positif bagi ruhani maupun jasmani sebagaimana ibadah wajib, keutamaan puasa senin kamis sangatlah banyak, sebagian bisa kita langsung rasakan dan ada pula yang sirri dan itu hanya Allah yang tau. Sebenarnya dalam masalah diterima dan tidaknya suatu amal ibadah manusia tak ada yang tau, akan tetapi ada tanda-tanda.

Sebagian Tanda suatu amal itu diterima ialah diberikannya dampak positif /mendapatkan keutamaan sebab melakukan suatu amal ibadah, baik ibadah wajib maupun ibadah sunah, begitu juga apabila kita ikhlas karna Allah dalam melakukan puasa senin kamis, insya’allah kita akan mendapatkan keutamaan puasa senin kamis .

Keutamaan puasa senin kamis bagi kesehatan badan maupun mental dan juga spiritual dapat dirasakan pelakunya. Oleh sebab itu maka mereka yang sering atau istiqomah melakukan puasa senin kamis dapat memaksimalkan sekaligus menyeimbangkan diantara tiga kecerdasan, yakni kecerdasan intlektual  atau yang disebut IQ, kecerdasan emosional atau yang disebut EQ, dan juga kecerdasan spiritual atau yang disebut SQ.

Keutamaan puasa senin kamis bagi kesehatan sangat banyak, diantaranya yaitu dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, racun yang bercampur dengan lemak,yang dimana semua itu berasal dari makanan dan juga jenis minuman yang kita makan dan minum setiap hari, apalagi dizaman modern ini banyak sekali makanan yang bercampur bahan kimia, pastilah sedikit demi sedikit akan dapat merusak tubuh kita.

Untuk mengeluarkan racun dalam tubuh kita enggak hanya dengan olah raga jasmani saja, semisal lari-lari setiap pagi, akan tetapi kita juga harus berhenti makan dan minum sehari, agar racun yang ada dalam tubuh kita bisa keluar secara maksimal , keluarnya racun dalam tubuh dapat lewat keringat, urine, atau ketika kita buang air besar, cara mengeluarkan racun dalam tubuh dengan puasa senin kamis dianggap sangat ampuh.

Hikmah puasa senin kamis  menurut agama islam sangatlah banyak,diantara hikmah puasa senin kamis adalah seperti yang disebutkan dalam hadits sohih yang diriwayatkan imam bukhori dan imam muslim, bahwasannya nanti disurga ada salah satu pintu bernama ar-ruyyan yang hanya bisa dimasuki oleh hamba Allah yang sering melakukan puasa, ketika pintu tersebut telah dilewati hamba Allah yang sering berpuasa, maka pintu itu ditutup dan tidak ada satupun yang bisa memasukinya lagi.

You Might Also Like

26 Comments

  1. 1

    I agree! The situation in Gaza is completely out of control. Everyday a new group pops up and tries to make a name for itself by committing a heinous act. What’s more, the Iraq war has drmataically changed the nature of journalism in conflict. No longer can the TV sticker command the respect it once enjoyed. These days, everyone is fair game.

  2. 3
  3. 5
  4. 7
  5. 9
  6. 11
  7. 13
  8. 15
  9. 17
  10. 19
  11. 21
  12. 23
  13. 25

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>