SOLUSI MENGATASI SINYAL INTERNET LEMAH DI PEDESAAN DENGAN ROUTER DAN MODEM

gambar sinyal internet

Sinyal internet pada zaman sekarang merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan. Di era zaman modern ini kehilangan sinyal seakan seperti kehilangan barang yang paling berharga yang kita miliki. karena sekarang  kegiatan dan kebutuhan manusia banyak yang dikendalikan melalui internet, mulai dari belanja, bisnis, belajar dan lain-lain.

Saya sendiri sering mengalami hilangnya koneksi sinyal internet, karena saya tinggal di pedesaan, pekerjaan saya bisnis online sudah tentu sangat membutuhkan sinyal internet. Saat pekerjaan numpuk tiba- tiba sinyal hilang, gak kebayang deh betapa pusingnya saat-saat seperti itu. Kemudian saya berpikir untuk membeli router.

gambar sinyal internet router

Router yang saya beli adalah TP-LINK type Mr 3420 dengan modem HUAWEI, Alhamdulillah sekarang sinyalnya lumayan bagus dan setabil, jadi tenang gak mikirin sinyal yang hilang muncul seperti hantu. Manfaat sinyal internet sangatlah banyak bagi manusia modern, karena dengan sinyal internet kita bias melihat dan mengakses dunia luar yang tak bias dijangkau dengan fisik kita melainkan hanya bisa diakses dengan internet.

Banyak yang berpendapat bahwa baik dan tidaknya sinyal internet tergantung type modemnya, tapi pada kenyataannya kalau modem tanpa router  yang bagus dan langsung dicolokin ke USB laptop (tanpa menggunakan router), sekalipun pakai kabel extender booster panjang dan digantung ditempat yang tinggi, bukti yang saya dapatkan sinyal internet tetap lemah.

Untuk sekarang di Indonesia ada 7 macam jenis sinyal internet yaitu: GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSUPA, HSPA dan yang terbaru 4G/LTE. Jenis- jenis sinyal internet tersebut mempunyai daya kecepatan berbeda-beda, dimuali yang paling lemah yaitu edge sampai yang tercepat yaitu 4G. Perkembangan jenis sinyal internet  sangat pesat.

Dengan itu banyak pakar jaringan atau sinyal berlomba-lomba membuat teknologi memperkuat sinyal internet, mulai dari jenis aplikasi penguat sinyal, antena, router, modem dll. Akan tetap untuk di wilayah pedesaan biasanya antena penguat sinyal internet kurang baik, dan saya telah membuktikannya, antena penguat sinyal internet hanya berfungsi di wilayah dekat perkotaan.

Awal mulanya saya beli modem portable tapi hasilnya nihil, sinyal internetnya tidak setabil padahal modem yang saya gunakan itu salah satu produk unggulan, harganya pun mahal, tapi ternyata setelah saya gunakan di pedesaan sinyalnya tidak setabil, kemudian saya membeli router tp-link mr3420 malah kualitas sinyal internetnya bagus juga setabil.

Sinyal internet bagaikan nyawa bagi kaum pebisnis online,  mungkin seperti itu pendapat semua orang yang terjun didunia bisnis online, pengalaman saya yang telah tertulis diatas mungkin bias jadi solusi baik bagi orang yang bertempat tinggal jauh dari perkotaan.

Saat menggunakan router tp-link mr 3420 settinglah networknya pilih 3G/4G only.

You Might Also Like

2 Comments

  1. 1

    Hi admin ! I read your articles everyday and i must say you have hi quality articles
    here. Your page deserves to go viral. You need initial boost only.
    How to go viral fast? Search for; forbesden’s tools

  2. 2

    Hi blogger !! I read your content everyday and i must say you have hi quality posts
    here. Your website deserves to go viral. You need initial boost only.
    How to go viral fast? Search for; forbesden’s tools

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>