Inilah 13 Tempat Wisata di Jambi yang Terbaik

foto tempat wisata di jambi

Tempat wisata di jambi sebetulnya banyak sekali namun belum semuanya terexplore, misalnya diwilayah Kampung Laut, kampung laut adalah sebuah kecamatan yang wilayahnya dipinggir laut jambi bagian utara, rumah-rumah penduduknya pun diatas air, hampir semua rumah terbuat dari bahan kayu dengan desain klasik yang rapi dan elegan.

foto 11 tempat wisata di jambi
Kampung laut sekarang menjadi tempat wisata di jambi yang sangat disukai para pemancing ikan, air lautnya masih bagus dan belum tercampur limbah-limbah pabrik, karena memang disepanjang wilayah kampung laut sampai desa teluk majelis belum ada pabrik dipingir sungai, jadi sangat wajar kalau perkembangan ikan lautnya masih bagus.

peson tempat wisata di jambi
Baik disini saya akan memberikan informasi tempat-tempat wisata dijambi yang sangat favorit dan sering dikunjungi wisatawan daerah maupun luar daerah, bahkan wisatawan asing, jambi adalah sebuah provinsin yang sangat setrategis karena berada diantara dua kota besar, yakni kota Palembang dan kota padang, provinsi jambi mengalami kemajuan yang sangat pesat.
Berikut tempat-tempat wisata dijambi:

1. Danau Sipin

gambar tempat wisata di jambi
Danau Sipin atau juga disebut solok , solok mempunyai arti danau menurut bahasa warga disitu. Tempatnya berada diwilayah Simpang Baluran Kenali Telanaipura. Tempat ini selain dijadikan sebagai tempat wisata juga dijadikan tempat pembudidayaan ikan air tawar. Jika anda ingin menikmati danau ini dan melihat nelayan-nelayan dari jarak dekat, anda bisa menyewa perahu.

mancing tempat wisata di jambi
Biaya sewa perahunya pun murah, dan ketika anda merasa lapar, anda bisa menikmati masakan-masakan ikan khas daerah jambi diwarung-warung yang berada didekat danau, ikan-ikan yang akan dimasak pun masih segar, apalagi suasana makan dipinggir danau itu bisa menambah selera makan ditambah dengan semilir angina yang berhembus dari danau.
2. Jembatan Aur Duri 2/Jembatan Batang Hari 2

ala tempat wisata di jambi
Tempat wisata dijambi yang satu ini tidak asing lagi ditelinga seluruh masyarakat kota jambi, Jembatan Aur Duri 2 menjadi tempat nongkrong favoritnya para remaja disore hari, dan sangat ramai sekali ketika hari minggu dan hari-hari libur. Jembatan ini menjadi penghubung antara kota Jambi dan Jambi Seberang.
Bekunjung Ketempat wisata jambi yang satu ini sangat cocok diwaktu sore hari, pemandangannya akan terlihat mempesona disore hari karena akan ditemani indahnya pandangan matahari terbenam. Jembatan ini diresmikan langsung oleh wakil presiden boediono, dikabarkan pembangunan jembatan ini menelan biaya sebesar kurang lebih 165 miliar.

wisata dijambi aur duri 2

Sebenarnya ada yang tak kalah saing indahnya dengan jembatan aur duri 2, yaiutu jembatan aur duri 3 yang terletak dikabupaten tanjung jabung timur jambi di kecamatan muara sabak. Jembatan aur duri 3 diresmikan pada era kepemimpinan bupati zumi zola, dan dibawah jembatan di pinggir sungai sebelah timur terdapat taman yang indah yang dibangun pemerintah kabupatan.
3. Candi Muaro Bungo

wisata candi muaro jambi
Tempat wisata di Jambi yang inilah yang paling favorit menurut anak muda jambi, Candi Muaro Bungo tak pernah sepi pengunjung. Seakan menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi disaat libur panjang. Tempat wisata yang satu ini merupakan peninggalan Kerajaan SrIwijaya dan kerajaan Melayu, tempat ini menjadi kompek candi paling luas di Indonesia.
Candi ini merupakan candi aliran Budha. Candi ini ditemukan Oleh Letnan dari inggris yang bernama SC Crooke ditahun 1820 dan ditahun 1975 candi ini dipugar pemerintah Indonesia. Jumlah candi yang terdapat dikompleks ini ada 61 candi dan yang sebagian ada yang tertutup tanah. Tempat wisata di Jambi yang satu ini menjadi tempat yang paling tinggi nilai sejarahnya.

gambar candi muaro jambi
Alamat tempat wisata dijambi ini berlokasi di Muaro Sebo Kabupaten Muaro Jambi. Bagi para pecinta sejarah tempat ini adalah tempat yang wajib anda kunjungi dikota Jambi, nilai sejarah yang ada di candi ini tidak kalah dengan candi-candi yang ada dipulai jawa, bapak presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah ke tempat ini.
4. Tempat Nongkrong Tanggo Rajo

wisata-jambi-tanggo-rajo2
Tanggo Rajo tidak kalah dengan pantai losari yang menawarkan wisata kuliner ditepi perairan. Tempat wisata dijambi yang satu ini juga ramai dikunjungi pada waktu sore maupun malam hari, tempat ini menjadi tempat yang paling cocok untuk menikmati pemandangan sungai Batang Hari yang merupakan sungai paling panjang di Sumatra.
Tempat wisata di jambi yang satu ini selain indah juga menawarkan berbagai macam jenis kuliner, menyantap kuliner sambil menikmati pemandangan dan melihat tenggelamnya matahari disore hari merupakan hal yang tak boleh ditinggalkan ditempat ini, tempat ini juga sering menjadi tempat hari ulang tahun provinsi Jambi dan acara-acara besar lainnya.
Lokasi tempat wisata dijambi ini berada didekat pasar terbesar dikota jamb jalan Sultan Thaha, selain anda berwisata anda juga bisa langsung belanja oleh-oleh dipasar yang tidak jauh dari lokasi Tanggo Rajo.
5. Gunung Kerinci

wisata gunung kerinci jambi
Tempat wisata di Jambi yang terpopuler adalah Gunung Kerinci, gunung kerinci merupakan gunung merapi dan menjadi gunung tertinggi dipulau Sumatra, ketinggiannya mencapai 3.805 mdpl. Gunung ini terlihat cantik dan menawan dan juga banyak bentang alam, seperti kebun teh yang terdapat ditempat ini menjadi kebun teh tertinggi didunia urutan ke2.
Tempat wisata dijambi Gunung Kerinci sudah terkenal didunia, dan sering dikunjungi wisatawan baik local maupun asing , dan menurut UNESCO Gunung Kerinci masuk kategori warisan dunia, dan tercatat lebih dahulu mengalahkan candi murao jambi. Perjalanan dari Bandara Kota Jambi ke Gunung kerinci memakan waktu sekitar 8 jam.

gambar wisata gunung kerinci
Tempat wisata yang ini sering dikunjungi para pendaki gunung, bahkan gunung kerinci sering masuk siaran televise. Semakin terkenalnya gunung kerinci maka semakin banyak pula minat wisatawan yang ingin datang, dan pemerintah provinsi jambi sudah berupaya sebaik mungkin memperbaiki akses jalan menuju tempat wisata gunung kerinci.
6. Jembatan Gentala Arasyi

wisata di jambi gentala arasy
Tempat wisata di Jambi yang satu ini belum lama adanya, akan tetapi jembatan Gentala Arasyi sudah terkenal, tempat ini juga menjadi ikon khas provinsi jambi, dan pembangunannya pun memakan waktu yang cukup lama dan diresmikan pada era kepemimpinan Gubernur Drs. H. Hasan Basri Agus, MM. Diresmikan langsung oleh wakil presiden jusuf kalla.

pesona wisata di jambi
Model jmbatan ini tidak kalah dengan jembatan-jembatan yang ada diluar negeri, sangat indah dilihat apalagi ketika malam hari. Panjang jembatan ini mencapai 530 meter, jembatan ini berdiri membentang diatas sungai batang hari, dan juga menghubungkan jambi kota dan jambi seberang, lokasi wisata dijambi yang satu ini bisa dibilang sangat setrategis karena sangat dekat dengan kota.
7. Wisata Jambi Danau kaco

foto danau kaco
Tempat wisata di Jambi Danau kaco ini lokasinya dibagian desa Lempura Kawasan hutan taman seblat kerinci, keindahan yang disajikan danau kaco ini begitu indah dan sangat menarik, ketika anda melihatnya pasti anda langsung ingin terjun ke danau kaco untuk berenang, karena airnya begitu jernih dan terlihat segar. Sesuai dengan namanya kaco yang berarti kaca.
Tidak ada yang menyangka kalau didalam hutan yang penuh ditumbuhi kayu-kayu besar dan berbagai tumbuhan lainnya terdapat sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan, bagaikan mutiara yang tersembunyi. Karena airnya yang sangat jernih benda-benda didalamnya pun terlihat jelas, jika anda datang membawa camera, jangan lupa untuk memotretnya jika tidak anda akan menyesal.

image danau kaco
Perjalanan dari kota jambi menuju desa lempur (lokasi taman nasional seblat kerinci) memakan waktu kurang lebih 8 jam 90 menit, cukup jauh sebenarnya, tapi ketika sampai disana maka rasa lelah anda akan terbayar semua dengan suguhan keindahan alam kerinci yang sangat memukau, pastikan stamina dan kesehatan tubuh anda fit ketika menuju danau kaco.
8. Wisata Jambi Danau kerinci

foto danau kerinci
Danau kerinci merupakan salah satu obyek wisata provinsi Jambi yang berada di wilayah kerinci, luas danau ini adalah 500m persegi. Letak lokasi danau kerinci berada dikaki gunung rayo, danau kerinci ini merupakan danau yang luasnya paling besar dikerinci, dan kedalamannya mencapai 110 meter.

foto danau kerinci jambi
Jika berkunjung ketempat wisata dijambi yang satu ini ketika festival danau kerinci, yang biasanya diselenggarakan dibulan juli-agustus, maka anda akan bisa menikmati pemandangan danau kerinci dan juga sekaligus bisa melihat bagaimana pesona kebudayaan masyarakat kabupaten kerinci.
9. Wisat Jambi Air Terjun Tulang Kemulun

tempat obyek wisata di jambi
Subhanallah rasanya tidak ada habisnya menyebut anugerah tuhan yang diberikan kepada seluruh hambanya di Jambi. Tempat wisata di Jambi yang satu ini berjenis air terjun berada didesa Talang Kemulun Kecamatan Danau Kerinci. Jarak tempuhnya sekitar 15-20 menit dari sungai penuh jika mengendarai mobil.
Pemandangan wisata di Jambi yang ini juga sangat indah dan menakjubkan, sayangnya belum begitu banyak orang yang mengetahui tempat wisata yang satu ini, padahal pemandangan yang disajikan begitu menawan.
10. Wisata Jambi Air Terjun Pancuran Rayo

wisata gunung kerinci jambi
Air terjun pancuran rayo memiliki pemandangan extrim yang sangat indah, saya katakana extrim karena ketinggian airterjun pancuran rayo mencapai 150 meter. Tempat-tempat wisata dijambi menawarkan berbagai macam jenis, dan menawarkan berbagai macam keindahan dan keunikan tersendiri.
Akses jalan menuju air terjun pancuran rayo bukanlah mudah, tidak bisa dilewati kendaraan, hanya bisa dengan jalan kaki. Akan tetapi rasa capek dan kelelahan terbayar langsung ketika sudah sampai ditempat wisata yang satu ini. Berlokasi didesa pulau tengah kecamatan Keliling Danau Kab. Kerinci. Jaraknya kurang lebih enam belas kilo meter dari kota sungai penuh.
11. Tempat Wisata Jambi Goa Kasah Kerinci

wisata goa gunung kerinci
Goa kasha berlokasi didesa Ranah Kasah Kayu Aro. Tempat wisata di jambi yang ini sangat menantang karena sangat luas goanya, bisa saja membuat orang yang masuk kedalamnya tersesat, bawalah guide jika tidak ingin tersesat didalam. Dahulu menjadi tempat tinggal manusia purba dan sekarang menjadi sarang ribuan kelelawar dan burung.

12. Tempat Wisata Air terjun Telun Berasap

air terjun gunung kerinci
Tempat Wisata yang satu ini berada di batas antara Jambi dan Sumatera Barat. Terletak disebuah desa yang bernama Telun Berasap kecamatan Kayu Aro Kerinci Jambi. Sumber air yang ada di Air Terjun Telun Berasap berasal dari aliran sungai yang bermuara di danau Gunung Tujuh (danau tertinggi di Asia Tenggara).
Disebut berasap karena banyaknya debit air yang turun sehingga memunculkan kabut air seperti asap. Sebenarnya dibalik air terjun itu ada goa, akan tetapi masyarakat setempat satupun belum ada yang berani memasuki goa tersebut, dikarenakan medan menuju goa itu sangat sulit dan berbahaya. Ketinggian air terjun telun berasap kurang lebih 50 meter.
13. Pulau Berhala Jambi

foto wisata pulau berhala
Tempat wisata di Jambi yang satu ini berjenis pulau, pulau yang sangat menawan dan mempunyai daya tarik tersendiri. Pulau berhala ini sangat cocok buat yang suka ngetrip, suasananya masih alami. Didekat pulau berhala juga terdapat pulau penyu. Pulau Berhala sempat diperebutkan oleh provinsi Jambi dan Riau.

perjalanan kepulau berhala
Tempat wisata di Jambi yang satu ini jaraknya lumayan jauh dari kota jambi, kurang lebih 150 km dan untuk kepulau berhala dari kota jambi memakan waktu kurang lebih 7 jam, lumayan lama dikarenakan akses jalan darat menuju kepulau berhala hanya sampai di kecamatan Nipah Panjang, dan dari Nipah Panjang ke Pulau berhala naik kapal laut.

wisata di jambi pulau berhala
Keindahan tempat wisata di jambi yang satu ini tidak kalah mempesona dengan pulau-pulau dibali dan NTT, tapi yang disayangkan adalah akses jalan menuju pulau berhala sangat menantang dan cocok bagi yang suka ngetrip. Setelah anda menikmati keindahan tempat wisata di jambi yang ini, jangan lupa mampir sekalian ke pulau penyu, karena jaraknya sangat dekat dengan pulau berhala.

obyek tempat wisata di jambi
Nb: Kalau mau melihat penyu-penyu bertelur, datanglah kepulau penyu diawal tahun.

You Might Also Like

3 Comments

  1. 1

    слот игры скачать
    bsplatnoe cazino
    super keno 1.80
    Buhjdjq fdnjvfn xthnb
    игровые онлайн бесплатно
    besplatni igri kazino garaj
    cиграть руссий покер
    ryletka becplatno i bez registraci
    слот мафия
    igravii aftomati
    777slot.at.ua/index/novyj_avtomat_gaminator_first_class_traveller_samolety_onlajn/0-147#game_on игровой клуб игровой автомат рулетка
    автоматы игровые играть бесплатно без регистрации на фишки
    играть бесплатно игры в казино http://www.seacaef.org/online-casino-vulnak-avtomati/

  2. 2

    Hi, I need to ask you one thing. Is this a wordpress website? I am pondering changing our site from Blogger to wordpress, ya think this is probable? In addition did you set up the following template yourself some how? Thanks a lot for your assctsanie!

    • 3

      Hi there would you mind sharing which blog platform you’re working with? I’m going to start my own blog in the near future but I’m having a hard time choosing between Bleoungino/Wordpress/B2evolEtign and Drupal. The reason I ask is because your design and style seems different then most blogs and I’m looking for something completely unique. P.S Apologies for being off-topic but I had to ask!

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>